| Tentang | Iklan | Media Partner | Aturan Main | Kontak
Tips mudik sehat dan aman dengan kendaraan sendiri
Gaya Hidup / Kamis, 30 Juni 2016 17:10 WIB / Ferdy Hardiansyah






URBANCIKARANG.COM, Gaya Hidup - Mudik sudah menjadi tradisi menjelang Hari Raya Idul Fitri, pergerakan manusia yang merantau secara massal kembali ke kampung halaman untuk melepas rindu bersama sanak keluarga dan saudara. Nah, bagi Anda yang merencanakan mudik. Kami hadirkan tips mudik sehat dan aman dengan kendaraan sendiri.

1. Persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis.
2. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah.
3. Periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.
4. Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.
5. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaru. Gunakan alat bantu petunjuk arah, misal kompas atau GPS, jika diperlukan.
6. Siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil atau motor
7. Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik. Bawalah kartu BPJS Kesehatan Anda.
8. Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.
9. Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.
10. Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.
11. Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.
12. Tidak membawa uang berlebih, secukupnya saja. Manfaatkan ATM untuk mengambil uang di perjalanan mudik atau di kampung halaman. 

Selamat mudik dan mudik dengan selamat, Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalulintas Dan Budayakan Keselamatan Sebagai Kebutuhan



Redaksi menerima kiriman berita/artikel/video/foto amatir melalui email urbancikarang@gmail.com, disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/artikel/video/foto akan melalui proses moderasi.

Informasi beriklan Klik disini
Informasi kerjasama media partner Klik disini

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


BAJUYANI: Baca Juga Yang Ini




Media informasi masakini cara beda nikmati informasi Bekasi