| Tentang | Iklan | Media Partner | Aturan Main | Kontak
Tanaman Obat Keluarga Desa Wanajaya masuk nominasi nasional
Gaya Hidup / Rabu, 14 September 2016 17:35 WIB / Devi Naura Fajriani






URBANCIKARANG.COM, Cibitung - Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat masuk nominasi juara tingkat nasional untuk kategori pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (Toga) dalam Lomba PKK Tim Penggerak Pusat, dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat 2016.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Bekasi, Encep S Jaya, dalam siaran persnya, Rabu (14/9), mengatakan, warga Wanajaya, utamanya di RW 11, sejak 2014 menanam Toga di pekarangannya. Desa berpenduduk 46.471 jiwa itu kini memiliki lebih dari 100 jenis tanaman obat.

Menurut Encep, partisipasi warga terbagi dalam sejumlah kelompok Dasa Wisma yang dibina oleh Tim Penggerak PKK, BPPKB, dan juga didukung oleh semua instansi terkait di Kabupaten Bekasi.

Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin, mendukung kegiatan pemanfaatan Toga. Sebab selain bernilai ekonomi juga berkontribusi terhadap tingkat kesehatan warga, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. "Warga lebih sehat karena juga mengkonsumsi hasil Toganya,” kata dia saat pembukaan Pameran Hari Krida Pertanian di Cibarusah, Rabu (14/09/2016).

Berkat Toga, kini warga Wanajaya bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Pelita Bangsa, IDI Kabupaten Bekasi, beberapa perusahaan swasta seperti Kampoeng Jamu Martha Tilaar, RS Karya Medika, CV Daun Mas, juga menjadi mitra.

Ia mengatakan, produk Toga warga RW 011 yang telah sukses secara komersial di antaranya adalah kunyit asam, teh serei, beras kencur, dan lain lain.

Empat daerah lain di Jawa Barat yang masuk nominasi nasional adalah Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Kota Depok, untuk kategori PKDRT. Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Penyieukan, Kota Bandung, untuk kategori pemanfaatan hasil Toga.



Redaksi menerima kiriman berita/artikel/video/foto amatir melalui email urbancikarang@gmail.com, disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/artikel/video/foto akan melalui proses moderasi.

Informasi beriklan Klik disini
Informasi kerjasama media partner Klik disini

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


BAJUYANI: Baca Juga Yang Ini




Media informasi masakini cara beda nikmati informasi Bekasi