| Tentang | Iklan | Media Partner | Aturan Main | Kontak
13 Hal Yang Dilakukan Oleh Orang Bahagia
Gaya Hidup / Sabtu, 27 September 2014 Pukul 13.15 WIB / Alexander Arie SD






Setiap hari menghadapi macet di jalan Cikarang-Cibarusah. Setiap hari dimarahi bos. Setiap hari disembur knalpot bis jemputan. Apakah kita bisa bahagia dengan kondisi yang demikian itu? Tentu saja bisa! Setiap dari kita hidup untuk mencari kebahagiaan dalam level yang kita tentukan sendiri. Upaya pencarian itu yang kemudian berwujud pada bagaimana mencarinya dan apa yang dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang dilakukan oleh orang bahagia. Mari mencerna, apakah kita sudah melakukannya?

1. Orang Bahagia Tidak Lupa Bermimpi
Orang bahagia selalu bermimpi dan selalu percaya bahwa mimpi itu mungkin, dapat diraih, dan bisa dilakukan. Mimpi itu menjadi buah dari pemikiran, dan kemudian mereka merencanakan segala sesuatu untuk mencapai itu. Sederhana itu, walau tentu saja tidak mudah untuk dilaksanakan.

 2. Orang Bahagia Tidak Egois
Kalau ada orang egois, boleh jadi dia tidak bahagia. Bertemu dengan banyak orang yang bergerak di aktivitas sosial akan memperlihatkan hal itu. Berbagi bersama orang lain--baik itu yang membutuhkan dan yang sama-sama berbagi--adalah wujud kebahagiaan seseorang. Apabila ada orang yang hanya mendekap erat segala kepunyaan yang dimilikinya, pada dasarnya dia tidak bahagia.

 3. Orang Bahagia Tidak Lupa Beraksi
Sudah bermimpi? Kalau sudah, maka saatnya beraksi. Orang-orang bahagia melakukan aksi untuk mewujudkan segala yang sudah dimimpikannya. Mereka melakukan aksi-aksi itu tanpa alasan untuk meniadakannya. Bahkan untuk menunda-nunda sekalipun. Misalnya, bermimpi punya rumah, tapi tidak menabung, tidak melihat-lihat rumah, tidak mencoba mencari tahu proses KPR. Apa gunanya mimpi?

4. Orang Bahagia Tidak Membandingkan Dirinya Dengan Orang Lain
Mungkin ada diantara kita yang teman-temannya sudah bawa mobil, sementara kita hidupnya gitu-gitu aja. Itu kalau dipikirkan benar-benar pasti bikin stress. Dan kerasa sekali, memang. Ternyata begitu, orang bahagia nggak akan membandingkan dirinya dengan yang lain karena setiap manusia itu unik. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan pencapaian mereka adalah hal terburuk untuk mensabotase kepercayaan diri sendiri. Kamu ya istimewa!

5. Orang Bahagia Tidak Mengeluh
Orang-orang bahagia tidak akan menghabiskan hidupnya untuk mengeluh. Ya, sekadar mengeluh manusiawi tentu saja boleh, tapi tidak berkelanjutan. Orang bahagia tahu bahwa setiap orang punya siklus sendiri-sendiri dan selalu menikmati momen yang terjadi, tidak mengeluh, apalagi menyesal berlebihan. Hidup ini pendek, sob!

6. Orang Bahagia Tidak Membiarkan Orang Lain Membentuk Dirinya
Ada kalanya orang-orang kebanyakan ngomong tentang diri kita. Orang bahagia tidak akan mengiyakan itu karena mereka tahu kalau mereka mengikuti kata hati sendiri, dan membuat keputusan sendiri. Mereka adalah pemimpin terhadap diri mereka sendiri. Lagipula, orang lain itu berkomentar juga cuma sekilas. Mereka tidak akan ada energi untuk memperhatikan kita setiap saat.

7. Orang Bahagia Tidak Menyesal Berlebihan
Setiap kesalahan yang terjadi akan diambil sebagai pelajaran untuk keberlanjutan hidup. Orang bahagia memaafkan orang lain dan berjalan terus dengan mengesampingkan ketidakbahagiaan atau perasaan emosional tertentu.

8. Orang Bahagia Tidak Memperkenankan Negativitas
Bukan negatif hamil, ya! Orang bahagia tidak akan memperkenankan orang-orang negatif atau mungkin kondisi untuk membuat mereka marah dan kecwa. Emosi natural mungkin ada, tapi selalu ada cara menanganinya. Orang bahagia akan menghabiskan waktunya pada orang-orang yang berkontribusi pada kebahagiaan mereka. Itu sebabnya keluarga dan pekerjaan harus jadi sumber bahagia.

9. Orang Bahagia Tidak Bikin Orang Down
"Goblok, Lu!" mungkin adalah statemen yang nggak akan dikeluarkan oleh orang bahagia, kecuali dalam konteks guyon sahabat. Orang bahagia akan peduli pada orang lain dan nggak bikin mereka down. Akan keluar kata-kata positif yang menguatkan orang lain dari bibir mereka.

10. Orang Bahagia Tidak Lupa Pada Kesehatan
Nah ini, seringkali ada orang yang tampak bahagia, tapi mereka lupa pada kesehatan sendiri. Saking bahagianya kerja, lalu tidur larut, bahkan nggak tidur, dan minum segala macam yang sifatnya mendoping. Padahal salah. Orang bahagia akan menghabiskan waktunya untuk makan sehat, olahraga, atau apapun yang terkait kesehatan badan dan jiwa.

11. Orang Bahagia Tidak Lupa Berterima Kasih
Coba sesekali melongok ke fasilitas pelayanan kesehatan. Kalau ada pasien yang tampak bahagia saat menerima obat, walau sakit, mereka akan tetap mengucap terima kasih. Beda sama yang sakit tapi menggerutu, ya lepas saja. Pada akhirnya, orang bahagia akan selalu berterima kasih dan bersyukur atas segala rahmat yang diterimanya.

12. Orang Bahagia Tidak Buang-Buang Waktu
Ini nampol banget buat orang yang suka bilang nanti-nanti. Ya, orang bahagia tidak akan menyia-nyiakan waktunya untuk sesuatu yang tidak berguna karena waktu itu begitu berharga. Jadi pasti digunakan dengan bijak. Orang bahagia nggak akan mau kehilangan sesuatu yang tidak bisa didapatkan kembali.

13. Orang Bahagia Tidak Lupa Fokus Pada Yang Dia Mau
Orang bahagia selalu fokus pada segala sesuatu yang benar-benar dia inginkan. Memang kadang untuk melangkah itu bisa menakutkan, tapi nyatanya orang bahagia akan tetap berjalan daripada mentok dan tidak bahagia. Berjalan memang tidak berarti langsung dapat bahagia, tetapi kalau fokus pada keinginan kiranya hidup menjadi lebih indah.

Jadi, mari kita berbahagia!

Tulisan kiriman:
Nama lengkap: Alexander Arie SD
Nama pena: Ariesadhar
Blog: ariesadhar.com
Twitter: @ariesadhar
Email: ariesadhar@gmail.com



Redaksi menerima kiriman berita/artikel/video/foto amatir melalui email urbancikarang@gmail.com, disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/artikel/video/foto akan melalui proses moderasi.

Informasi beriklan Klik disini
Informasi kerjasama media partner Klik disini

PEDOMAN KOMENTAR
Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


BAJUYANI: Baca Juga Yang Ini
Selasa, 29 Januari 2019 19:41 WIB
Mal baru segera hadir di Cikarang
Rabu, 21 November 2018 18:05 WIB
UMK Jabar Tahun 2019 Disahkan!
Sabtu, 29 September 2018 10:11 WIB
Polres Metro Bekasi ciduk 34 pengedar narkoba
Senin, 24 September 2018 16:32 WIB
Bupati terima audiensi guru honorer Kab. Bekasi
Senin, 24 September 2018 10:21 WIB
Ribuan Guru Honorer Kab. Bekasi unjuk rasa ke Bupati




Media informasi masakini cara beda nikmati informasi Bekasi